Minggu, 08 Januari 2017

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Joce Lenjanon - Sudah lama sekali mobil Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman ini diluncurkan dan konon sebentar lagi akan mengalami facelift ringan untuk membuatnya lebih segar. Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman merupakan SUV yang menjadi pelopor penghancur market sedan pada masanya, kami cukup familiar dengan generasi pertamanya yang terkenal praktis, kencang, nyaman meskipun harus dikompensasikan dengan konsumsi bahan bakar yang cukup boros.


Kali ini kami berkesempatan mencoba sebuah Nissan X-Trail 2.5 CVT varian tertinggi yang dibeli pada tahun 2016 ini. Menurut keterangan pemilik, ia mendapatkan diskon cukup besar ditambahkan bonus head unit dengan layar lebih besar + touchscreen dan koneksi Bluetooth.

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman pada Desain Interior

Jika anda menyukai desain Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman lama yang kaku dan berkesan tough, maka mungkin anda akan kecewa dengan desain Nissan X-Trail terbaru yang memiliki desain staylish dan streamline, tidak jelek, bahkan kami suka. Sekarang Nissan X-Trail lebih terlihat SUV perkotaan sejati yang ganteng diajak belanja dibandingkan dengan SUV gagah seperti model pertama dan model keduanya.
Secara eksterior, Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman cukup lengkap, di bagian depan kita mendapatkan lampu utama LED projector yang memiliki LED DRL agar terlihat kekinian, grille V-shape sebagai identitas khas Nissan, fog lamp dan lekukan dinamis yang membuatnya terlihat aerodinamis semuanya terlihat tidak ada yang salah.
Penggunaan velg 18 inchi dengan warna gun metal membuat mobil ini terlihat gagah, apalagi Nissan X-Trail ini sudah memiliki 4 buah rem cakram pada keempat rodanya. Menuju bagian belakang, Nissan X-Trail tampak cukup oke, tidak bagus banget tapi juga tidak jelek. Salah satu fitur yang kami suka pada mobil ini di bagian belakang ada pada power back door yang sangat memudahkan meskipun fitur touchless yang diberikan terasa nyaris tak berguna.

Get In Car Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman

Masuk ke dalam Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman terasa mudah, ia tidak tinggi seperti SUV ladder frame dan duduk di dalam kursi mobil ini juga terasa nyaman. Konon, kursi ini di desain oleh Nasa untuk mengurangi kelahan mengemudi saat perjalanan jauh. Kursi ini memiliki pengaturan elektrik 8 arah, sedangkan penumpang mendapatkan kursi elektrik 4 arah, good. Pengaturan setir juga terasa oke dengan tilt dan telescopic serta pengaturan ketinggian seat belt.
Bentuk interior Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyamanterbaru ini menurut kami jauh lebih mewah dibandingkan dengan model sebelumnya yang cenderung boxy, ia memiliki beberapa bagian dengan material empuk, penggunaan frame silver pada kisi-kisi AC, tranmisi, setir yang terasa pas. Hal yang kami kurang suka ada pada penggunaan panel-panel carbon dan kurangnya attention to detail yang diberikan Nissan terhadap mobil ini, makanya nggak heran kalau rasanya datar-datar saja.
Kelemahan dari desain dashboard yang cenderung datar ini ada pada ruang penyimpanannya yang terasa kurang banyak, sehingga mobil ini terasa kurang praktis. Untungnya Nissan X-Trail punya built quality interior yang cukup baik di mobil ini.
Masuk ke kabin baris kedua, mobil ini terasa lega, kursinya nyaman dan enak untuk diduduki. Kita mendapatkan ventilasi AC dari belakang console box dengan hembusan yang terasa sangat lembut. Nissan X-Trail terbaru ini sebenarnya bisa terasa lebih mewah dan lega lagi jika seandainya dilengkapi dengan panoramic sunroof seperti model Eropa. Sayangnya hal tersebut tidak diberikan Nissan karena akan mengurangi headroom penumpang baris ketiga.
Nah ngomong-ngomong kursi baris ketiga, anggaplah kursi baris ketiga ini adalah kursi darurat atau kursi yang diperuntukan untuk anak kecil saja. Karena sudah pasti kepala dan kaki anda mentok jika memaksakan duduk di baris ketiga ini. Menurut kami seharusnya Nissan tidak perlu repot-repot menambahkan kursi baris ketiga ini mengingat Nissan X-Trail berkompetisi dengan CR-V dan Mazda CX-5 yang memiliki 5 penumpang saja. Honda pernah melakukan hal ini pada generasi kedua Honda CR-V dan terbukti gagal sehingga untuk generasi berikutnya diberikan sebagai opsi tambahan. Bahkan bagasi Nissan X-Trail ini jadi terasa sempit berkat penambahan kursi baris ketiga ini.

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman pada Infotainment dan Features

Karena unit yang kami uji memiliki head unit spesial, kami sangat puas dengan apa yang ditawarkan Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman. Ia memiliki layar 8 inchi touchscreen, GPS Navigasi, koneksi bluetooth dan karena layar yang lebih luas, tampilan bird eye view di mobil ini jadi terasa membantu. Sebelumnya, ia hnya dibekali dengan head unit yang memiliki layar mini, tanpa touch screen, tanpa bluetooth dan GPS serta tampilan bird eye view yang sangat mini.
Kualitas audio yang ditawarkan mobil ini tergolong cukup, bassnya cukup, middle dan treblenya juga tersalurkan dengan baik. Hanya saja jika menggunakan Bluetooth, kualitas audionya sedikit berkurang. Sisanya okelah menurut kami. Semoga saja head unit baru ini sudah menjadi fitur wajib di Nissan X-Trail terbaru ini.
Fitur diluar infotainment system di mobil ini menurut kami juga sangat oke. Fitur-fitur seperti cruise control, MID dengan tampilan yang cantik pada speedometer, keyless entry dengan push start stop engine button, dual zone auto climate control, bird eye view camera, pemanas spion, auto light & wiper dan touchless power back door.
Sedangkan dari sisi fitur keamanan aktif, mobil ini tergolong lengkap, contohnya seperti Vehicle Stability Control (ESC), Active Trace Control (Traction Control), Active Ride Control (fitur yang akan melambatkan mesin pada saat ban belakang melewati polisi tidur), Active Engine Braking, Hill Start Assist dan tentunya ABS, EBD + BA tentu saja hadir di mobil ini.
Sayangnya mobil ini masih memiliki kelemahan di sektor safety, yaitu pada penggunaan 2 buah airbags yang terasa sangat kurang. Seharusnya untuk mobil sekelas ini Nissan memberikan 6 buah Airbags agar sama seperi kompetitornya yang lebih advanced.

Let’s Ride Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman

Saya pernah mengemudi Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman terbaru ini beberapa kali sebelum saya melakukan review dengan mobil tes kali ini. X-Trail ini merupakan salah satu mobil yang saya suka dalam hal kenyamanan. Seperti mobil Nissan lainnya, Nissan X-Trail ini terasa empuk sekali dalam soal kenyamanan suspensi, dibandingkan kompetitornya, mudah sekali untuk mengatakan bahwa mobil ini merupakan mobil paling nyaman urusan suspensi. Namun dibandingkan model sebelumnya, ya mobil ini sengaja dibuat lebih stiff.
Selain lebih empuk, untuk memmberikan kenyamanan sempurna, Nissan juga membekali dengan peredaman kabin yang baik, pengendaraan yang cukup stabil di kecepatan tinggi, sehingga tidak sulit untuk mengatakan bahwa mobil ini sangat ideal untuk anda bawa berpergian sehari-hari.
Tapi bagaimana dengan pengendaliannya? Meskipun menjadi yang terlemah diantara rival-rival lainnya, menurut kami handling dari mobil ini sudah cukup oke, apalagi dibandingkan dengan generasi kedua. Setirnya enteng dan menjadi sedikit lebih berat di kecepatan tinggi. Kekurangan dari model sebelumnya ada pada radius putarnya yang semakin buruk dengan 5.6 meter (sebelumnya hanya 5.5 meter). Namun masih dalam tahap wajar mengingat sekarang wheelbasenya bertambah.
Soal mesin, Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman ini masih memiliki mesin yang sama dengan model sebelumnya berkode HR25DE yang bertenaga 171 Ps pada 6.000 Rpm dan torsi 233 Nm pada 4.000 Rpm. Diatas kertas tenaganya memang besar, performanya juga tidak pelan, kami rasa mobil ini masih sanggup berakselerasi 0 ke 100 dalam waktu kurang dari 10 detik. Tapi rasanya sama sekali tidak enak. Melakukan akselerasi dari 0 ke 100 bersama mobil ini menghasilkan pengalaman yang sama sekali tidak mengenakan karena penggunaan transmisi CVT, suaran mesinnya seperti terganjal sesuatu, tidak merdu, ngeden dan ketika sabuk transmisinya melebar, putaran mesin tetap stagnan di mendekati redline, otomatis sense of speed dari performa mesin 2.500 cc sama sekali tidak enak rasnaya, bikin illfeel pokoknya.
Penggunaan transmisi CVT tidak lain untuk membuat Nissan X-Trail terbaru ini semakin ekonomis, apalagi karena model sebelumnya yang memiliki mesin 2.500 cc ini terkenal haus bensin. Tapi sayangnya penggunaan transmisi CVT ini tidak membuat mobil ini lebih irit, menurut pengetesan kami, opini pemilik kendaraan dan referensi dari beberapa website, mesin 2.5 liter dengan transmisi CVT pada Nissan X-Trail untuk konsumsi dalam kota hanya berkisar pada 6 hingga 7 kilometer perliter, cukup boros? Tidak juga kalau anda biasa naik Innova, karena konsumsi BBM mirip-mirip.
Impresi performa mesin yang menyebalkan ini sebenarnya tidak membuat mobil ini buruk-buruk amat dari segi driving, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Nissan memang menciptakan X-Trail ini sebagai mobil yang comfort oriented, untuk anda yang menggunakan mobil ini di dalam kota dan tidak kebut-kebutan kami rasa tidak akan terganggu. Bahkan kami sangat suka mobil ini dalam hal kenyamanan.

Kesimpulan Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman

Jika anda adalah orang yang mencari sebuah SUV nyaman, stylish, kaya fitur dan memiliki harga terjangkau, maka bisa kami bilang bahwa Nissan X-Trail adalah pilihan tepat. Rasanya setelah mencoba X-Trail yang memiliki harga 450 juta di varian tertingginya, menurut kami Honda CR-V Prestige dan Mazda CX-5 GT jadi terasa overpriced jika melihat harga berbanding spesifikasi yang ditawarkan, apalagi Nissan X-Trail punya diskon yang cukup besar (CX-5 dan CRV juga gede sih diskonnya).
Memang mobil ini bukanlah untuk anda yang menginginkan SUV fun-to-drive, tapi bukan berarti mobil ini pelan, hanya terasa tidak enak dibawa berakselerasi. Begitupula dengan bangku baris ketiganya yang hanya layak digunakan oleh anak kecil yang membuat anda harus mengurungkan niat membeli mobil ini jika mencari SUV 7 seater.
Seandainya Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman membuang kursi baris ketiga, memberikan head unit seperti ini di semua varian dan mengganti transmisi CVT dengan transmisi 6 percepatan otomatis torque converter biasa dan 6 buah kantung udara, maka tanpa pikir panjang, mobil ini merupakan pilihan yang sangat-sangat menarik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar